Opinion

Chemical Weapon Attack Again…

Hi! Welcome back di blognya Renita. Setelah satu bulan lebih vacuum karena berbagai deadline kuliah, akhirnya bisa nulis coretan yang nggak jelas lagi hehe… Meskipun diterpa dengan ngelab dan perintilan laporan lainnya, bukan berarti saya nggak update juga dengan berita sekarang. Meski agak telat juga sih bahas ini haha ok, back to the topic. Apa kabar Suriah hari ini? Apa kabar saudara kita saat ini? Adakah yang sempat barang sedetik memikirkan hal ini? Alhamdulillah. Jadi sekitar seminggu yang lalu, Suriah lagi – lagi berduka. Rakyat sipil lagi – lagi dihabisi. Anak – anak lagi – lagi menjadi korban kekejian. Ada yang sudah baca beritanya? Yep, it’s about chemical weapon. Hhhh.. okay it’s a serious thing. Dulu, waktu saya masih SMA saya belajar tuh pelajaran namanya sejarah dan saat perang dunia sempet juga chemical weapon atau senjata kimia ini dipakai. Dari situ saya tahu bahwa sebenarnya senjata kimia tuh sangat tidak diperbolehkan dipakai saat perang. Tapi saya nggak tahu kenapa sampai sekarang masih ada aja yang menggunakan senjata kimia ini dan bad thing-nya adalah ditujukan kepada rakyat sipil yang notabene merupakan pihak yang harus terlindungi saat terjadi perang. I don’t know. I really don’t know why this worst thing can happen again and again.

Setidaknya 72 orang tewas setelah serangan kimia di Provinsi Idlib, Suriah. Oposisi Suriah dan Barat menyalahkan rezim Assad, sementara Damaskus dan Moskow menyalahkan oposisi. Siapa pun yang bertanggung jawab, para ahli percaya bahwa insiden itu akan merusak prospek penyelesaian secara damai konflik di Suriah.” –dikutip dari RBTH Indonesia.

Oke, siapapun dalangnya dibalik ini semua, I really don’t care. Yang mau saya tekankan disini adalah kenapa harus ada acara beginian sih? As you guys already know, saya sekarang kuliah jurusan kimia. And honestly, seaman apapun senyawa kimia, ia tetap berbahaya. Saya waktu ngelab, tangan saya pernah kena HCl encer. Rasanya panas coy. Itu HCl encer banget udahan, which is konsentrasinya kecil. Encer aja, mereka udah ngasih efek panas ditangan. Apalagi kalo konsentrasi tinggi. Saya nggak bisa banyangin aja orang – orang yang kena paparan senjata kimia itu kayak gimana rasanya. HCl aja yang bisa dibilang “aman” tetep bahaya kalo kena tangan apalagi senjata kimia itu. Saya sempat lihat videonya, ada yang sesak nafas, ada yang mual, ada yang batuk – batuk, ada yang kejang – kejang, bahkan sampai ada yang meninggal dunia. Miris banget liatnya, apalagi kebanyakan anak kecil yang mengalami hal itu. Setelah saya googling tentang chemical weapon yang dipake di Suriah ini ternyata pake gas Sarin. Dari hasil googling saya, senyawa ini tuh sangat mematikan. Hhhh.. damn! I mean, gas sebahaya ini ditujukan ke penduduk sipil, apalagi anak – anak tuh udah gila banget.

Saya banyak baca beritanya, tapi saya agak kecewa karena media lagi – lagi talks about politics. Bahkan sekarang fokus media udah nggak ke si chemical weapon itu, malah asik bicarain tindakan AS yang ngirim rudal ke pangkalan udara Suriah sebagai respon atas serangan kimia ini. Yeah man! I don’t care about politics behind it. Mau perang gara – gara politik kek, gara – gara kekuasaan kek, gara – gara uang kek, atau apalah, yang jelas perang pake chemical weapon ini tuh udah nggak bisa dibenerin. Okay, now I want to make you guys know about Sarin. At least, supaya kalian bisa relate dengan keadaan saudara – saudara kita yang ada di Suriah.

Jadi sarin adalah gas saraf dari senyawa organophosphorus yang dapat menyebar dengan cepat ke lingkungan. Gas sarin ini pertama kali dikembangkan oleh para ilmuwan Nazi pada 1938 di Jerman. Nama ‘Sarin’ sendiri tuh merupakan akronim dari nama pembuatnya, yakni Schrader (Gerard Schrader), Ambros (Otto Ambros), Ritter (Gerhard Ritter), dan LINde (Hans-Jurgen von der Linde). Gas sarin ini nggak berwarna dan nggak berbau. FYI, senyawa ini dulu sempat mau dipake Hitler saat perang dunia II tapi nggak jadi karena sifat sarin ini yang nggak berbau dan nggak berwarna, jadi Hitler takut kalo lawannya juga akan melakukan hal yang sama atau bahkan ngasih chemical weapon yang lebih bahaya lagi daripada si sarin ini. Zat sarin ini digunakan untuk senjata kimia karena memiliki dampak yang ekstrem terhadap saraf manusia. Menurut organisasi kesehatan dunia WHO, sarin bahkan 26 kali lebih mematikan daripada sianida. Jika sarin mengkontaminasi makanan atau air, akibatnya bisa fatal. Efek dari sarin dapat menyerang dengan cepat. Tapi hal itu bergantung pada jumlah sarin yang ada di udara, kondisi orang yang terkena, serta lamanya waktu paparan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat, gas sarin membunuh dengan melumpuhkan pusat pernafasan dari sistem saraf pusat (otak) dan melumpuhkan otot – otot sekitar paru – paru. Gejala yang muncul apabila seseorang terpapar gas tersebut antara lain mual dan sakit kepala parah, penglihatan kabur, kejang otot, gangguan pernapasan dan kehilangan kesadaran.

See? How ironic it is! Saya lagi – lagi nggak habis pikir sebenarnya apasih yang ada di pikiran orang – orang itu sehingga mereka sebegitu teganya membunuh orang – orang yang nggak bersalah, bahkan orang – orang yang nggak tahu apa – apa. The first time I saw the videos, I was speechless. Ini penduduk sipil loh yang kena, ini anak – anak loh yang menderita. Tapi yang bikin saya lebih gregetan lagi tuh ya kenapa saya harus ada di keadaan seperti ini. Di keadaan yang nggak bisa ngapa-ngapain. Bahkan badan sebesar UN pun nggak bisa bikin orang – orang ini berhenti untuk membunuh orang lain. I mean, kenapa kita nggak bisa ngapa–ngapain gitu ketika saudara kita diserang dengan begitu kejinya. Entahlah, saya nggak tahu harus gimana. Ya sekarang yang bisa kita lakukan hanya berdo’a untuk mereka. Yuk sama – sama kita berdo’a untuk saudara – saudara kita di Suriah. Semoga semua ini cepat selesai. Semoga mereka juga bisa merasakan kemerdekaan seperti kita disini. Semoga nggak ada perang – perang seperti ini lagi dimanapun itu. Okay, I think that’s enough. See you on the next post, everyone.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s