Opinion

Siapa Bilang Kimia Berbahaya?

Hi! Welcome back di blognya Renita. Karena kesibukan sebagai mahasiswa jadinya jarang update blog nih. Oke, karena sekarang agak longgar waktunya jadi saya mau sumbangkan waktu ini buat ngisi blog. Cause I feel like I really miss writing activity. Jadi saya mau sedikit ngobrolin hal yang sedikit banyak ada hubungan sama jurusan yang sedang saya geluti. Yap, Kimia.

Mungkin banyak diantara kita yang takut masuk jurusan yang berskala laboratorium dengan selalu dikelilingi senyawa – senyawa kimia yang selalu dianggap “berbahaya” ini. Sejauh mana sih bahan kimia itu berbahaya? Seberapa besar sih bahayanya? Come on, guys! You should regret saying like that when you know about chemistry.

Semua yang berhubungan dengan bahan kimia dianggap berbahaya oleh sebagian orang. Tapi sebenarnya, segala sesuatu di sekitar kita adalah bahan kimia, baik yang masuk ke dalam tubuh kita maupun yang kita peralatan yang kita gunakan sehari-hari. Termasuk segala yang kita anggap alamiah, dari mulai sayur dan buah-buahan, bahan tambang, segala jenis makanan yang kita makan, minuman yang kita minum, udara yang kita hirup, bumbu masakan tradisional, dan segala hal yang terbentuk dari proses perubahan materi adalah kimia.

Tubuh manusia contohnya. Tubuh manusia terdiri dari 55% – 78% air. Air merupakan senyawa yang tersusun atas unsur hidrogen dan oksigen dan keduanya itu merupakan unsur kimia. Dilihat dari ketergantungan manusia terhadap air, maka air merupakan faktor penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun siapa sangka minum terlalu banyak air justru berbahaya. Minum terlalu banyak air mampu menyebabkan overhidrasi dimana tubuh seseorang mengalami kelebihan cairan. Apabila overhidrasi ini telah parah, dapat menyebabkan perubahan perilaku, diorientasi, hilang kesadaran, bahkan hingga meninggal dunia.

Terkadang kita sendiri berpikiran bahwa hal – hal yang berbau dengan kimia itu membahayakan. Sebenarnya hal tersebut tidak benar dengan syarat digunakan menurut prosedur yang benar. Kafein misalnya. Kopi merupakan benda yang umum di kalangan kita semua. Beberapa orang memanfaatkan kopi sebagai penambah stamina. Tetapi kafein yang terkandung dalam kopi bisa saja berbahaya. Untuk tubuh manusia, konsumsi kafein lebih dari 400 miligram dalam waktu singkat dapat menimbulkan efek, seperti gelisah, insomnia, gangguan sistem pencernaan, detak jantung tidak stabil dan sebagainya. Konsumsi di atas 10 gram bahkan bisa menyebabkan kematian.

Untuk gambaran, di dalam gelas Grande atau Venti kopi di Starbucks, terdapat rata-rata 200 miligram kafein. Artinya, kafein secara umum tergolong aman karena membutuhkan dosis yang cukup tinggi untuk menimbulkan kerugian signifikan pada kesehatan tubuh manusia.

Jadi, intinya aman atau tidaknya suatu bahan kimia tergantung pada dosis yang digunakan. Dosis ini bukan cuma dalam jumlah, tetapi rentang waktu kita mengkonsumsi jumlah tersebut. Tubuh manusia punya mekanisme yang berbeda – beda untuk mencerna senyawa – senyawa yang kita konsumsi. Jadi, toleransi kita untuk senyawa yang berbeda juga berbeda pula. Apabila makanan atau minuman tersebut mengandung senyawa tertentu (pewarna, pengawet, tambahan perisa), tidak berarti berbahaya. Kita harus tahu juga dosis di mana senyawa tersebut mulai bisa berdampak buruk untuk kesehatan kita.

Itu masih sebagian kecil dari contoh ilmu kimia di kehidupan sehari – hari. Selain itu, jelas masih banyak lagi, karena sejatinya seluruh materi di dunia ini adalah kimia. Dan bahan kimia tidaklah harus dicap “berbahaya”, karena tingkat berbahayanya suatu zat bergantung pada dimana dan untuk apa zat tersebut digunakan. Sekian ilustrasi kecil dari ilmu kimia, lmu yang mempelajari begitu banyak fenomena dunia yang tentunya menarik untuk diikuti.  Semoga sedikit tapi manfaat. Sampai bertemu di lain cerita 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s